Do'a Sebelum Belajar

“Robbi zidni ilman warzuqnii fahman”
artinya:
Ya Alloh, tambahkanlah ilmu pengetahuanku dan berilah aku kefahaman

Selamat Datang di Blog Bimbel X-Team Cibubur

Bismillahirrohmannirrohim. Assalamu'alaikum. Warahmatullohi Wabarakatuh.

Photobucket

BIMBEL X-TEAM Cibubur

Selamat Datang di BIOFILI BIMBEL, bimbel yang mengajarkan dengan kedalaman cinta

Logo Bimbel X-Team, Cibubur Lembaga Pendidikan

Logo Bimbel X-Team, Cibubur Lembaga Pendidikan

Cari Blog Ini

Jumat, 12 Februari 2010

Seleksi Program Kemitraan Sekolah Non Ujian Tulis (SPKS NON UTUL) 2010

Update tanggal: 15 Januari 2010
info lebih jelas lihat situs http://selma.brawijaya.ac.id
Pendahuluan

Seleksi Program Kemitraan Sekolah (SPKS)Non Ujian Tulis di Universitas Brawijaya dilakukan tanpa ujian tulis, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi di bidang akademik. Seleksi ini dilaksanakan setelah pelaksanaan seleksi Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB).

Syarat-Syarat

  1. Terdaftar sebagai siswa SMA atau MA atau SMK Pertanian, SMK Peternakan, SMK Perikanan (negeri/swasta) yang akan lulus tahun 2009.
  2. Mempunyai prestasi akademik tinggi yang ditunjukkan melalui serangkaian bukti prestasi: Rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 mempunyai nilai kognitif rata-rata dan nilai kognitif terendah serta nilai kognitif mata pelajaran khusus sesuai dengan syarat jurusan yang dipilih (lihat Tabel 1 dan 2) dan tidak pernah tinggal kelas.
  3. Setiap peserta seleksi hanya dapat memilih 1 (satu) program studi yang ada di Universitas Brawijaya, sesuai dengan jurusannya di SLTA (lihat tabel 1).

Pelaksanaan Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara on-line melalui: http://selma.brawijaya.ac.id.
  2. Peserta SPKS wajib mengisi formulir yang ada di web site dan mencetaknya serta melengkapi berkas pendaftaran dan mengirimkannya secara bersama-sama melalui Kepala Sekolah, kepada Panitia SPKS Universitas Brawijaya selambat-lambatnya hari Sabtu, 27 Februari 2010 (Cap Pos).
  3. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah) per peserta, disetorkan/ditransfer ke rekening Rektor Unibraw pada Bank BNI Cabang Universitas Brawijaya Jalan Veteran Malang dengan nomor rekening 0039649439 dan tidak melayani pembayaran melalui Wesel Pos.

Macam Formulir Isian dan Kelengkapannya

Kelengkapan yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta seleksi harus sesuai dengan data yang dilampirkan, terdiri dari:

  • Surat pernyataan pendaftaran (dicetak dari web site setelah mengisi formulir)
  • Bukti pembayaran dari Bank.
  • Lampiran berupa fotokopi rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 yang dilegalisir Kepala Sekolah.

Pengumuman Hasil Seleksi

  • Pengumuman penerimaan / hasil seleksi akan dikirim melalui pos kepada Kepala Sekolah sebelum pendaftaran SNMPTN berlangsung.
  • Lihat di web site Universitas Brawijaya.
  • Hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian

Penilaian dilakukan melalui 2 tahap, yakni:

  1. Penilaian terhadap mutu sekolah: Penilaian terhadap mutu sekolah dimaksudkan untuk menentukan jumlah maksimal murid yang dapat diterima melalui SPKS ini. Kriteria penilaian meliputi: rata-rata nilai (skor) SNMPTN tahun terakhir dan rata-rata nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang diperoleh mahasiswa yang berasal dari sekolah tersebut selama studi di Universitas Brawijaya.
  2. Penilaian terhadap calon mahasiswa: Penilaian terhadap calon mahasiswa meliputi: prestasi akademik (Rapor) dengan skor tertentu sesuai dengan masing-masing program studi yang dipilih.

Daftar Ulang

Bagi peserta yang diterima/lulus hasil seleksi, diwajibkan melakukan daftar ulang dengan melengkapi persyaratan administrasi dan waktu yang akan ditentukan kemudian.

Lain-Lain

  1. Biaya studi (SPP, SPFP dan lain-lain) bagi mahasiswa yang diterima melalui SPKS lihat tabel 3 dan tabel 4.
  2. Berkas pendaftaran harus dikirimkan secara kolektif oleh sekolah dan selambat-lambatnya tanggal 27 Februari 2010 (Cap Pos) sudah diterima Sekretariat Panitia SPKS Universitas Brawijaya, yang beralamat pada:


    Bagian Akademik
    Universitas Brawijaya ( Gedung Rektorat Lantai II )
    Jalan Veteran Malang 65145
    Telepon (0341) 551611 dan 575777 Pesawat 117 dan 118 atau (0341) 575754
    Fax. (0341) 565420 dan 575813
    E-mail: baak@brawijaya.ac.id
    Website: http://selma.brawijaya.ac.id

Persyaratan Pokok dan Persyaratan Nilai Kognitif dalam Rapor

Tabel 1. Daftar Program Studi di Universitas Brawijaya, Persyaratan Pokok bagi Peminatnya dan Persyaratan Nilai Kognitif dalam Rapor

No Fakultas ProgramStudi Jurusan SMU / MA / SMK Nilai Kognitif dalam Raport
Rata-Rata Nilai MPK Nilai MPL Minimal
1 Hukum Ilmu Hukum (Kelas Bahasa Indonesia) IPS, BHS 60 60 60
2 Ekonomi Akuntansi (Kelas Bahasa Indonesia) IPS, BHS 70 Lihat Tabel 2 60
3 Ekonomi Pembangunan (Kelas Bahasa Indonesia) 70 60
4 Ekonomi Pembangunan (Kelas Bahasa Inggris) 70 60
5 Manajemen (Kelas Bahasa Indonesia) 70 60
6 Ilmu Administrasi Ilmu Administrasi Bisnis (Kelas Bahasa Indonesia) IPS, BHS 65 65 65
7 Ilmu Administrasi Publik (Kelas Bahasa Indonesia) 65 65 65
8 Ilmu Budaya Bahasa dan Sastra Perancis IPS, BHS 60 60 60
9 Sastra Inggris 60 60 60
10 Sastra Jepang 60 60 60
11 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Hubungan Internasional (Kelas Bahasa Indonesia) IPS, BHS 70 70 60
12 Ilmu Komunikasi (Kelas Bahasa Indonesia) 70 70 60
13 Ilmu Politik (Kelas Bahasa Indonesia) 60 60 60
14 Psikologi (Kelas Bahasa Indonesia) 60 60 60
15 Sosiologi (Kelas Bahasa Indonesia 60 60 60
16 Pertanian Agribisnis (Kelas Bahasa Indonesia) IPA / SMK
Pertanian
65 65 60
17 Agroekoteknologi (Kelas Bahasa Indonesia) (*) 65 65 60
18 Peternakan Peternakan (Kelas Bahasa Indonesia) IPA / SMK
Peternakan
60 60 50
19 Teknik Arsitektur IPA 70 70 70
20 Perencanaan Wilayah dan Kota 70 70 70
21 Teknik Elektro (*) 70 70 70
22 Teknik Mesin 70 70 70
23 Teknik Pengairan 70 70 70
24 Teknik Informatika (Teknik Perangkat Lunak) (*) 70 70 70
25 Teknik Sipil 70 70 70
26 Kedokteran Farmasi (*) IPA 70 Lihat Tabel 2 60
27 Gizi Kesehatan / Ilmu Gizi (*) 70 60
28 Ilmu Keperawatan (*) 70 65
29 Ilmu Keperawatan (Kelas Khusus) (***) 70 65
30 Kebidanan (*) 70 60
31 Pendidikan Dokter (Kelas Bahasa Indonesia) (*) 80 70
32 Pendidikan Dokter (Kelas Bahasa Inggris) (*) 80 70
33 Pendidikan Dokter Gigi (*) 75 70
34 Farmasi (*) 70 60
35 Perikanan dan Ilmu Kelautan Budi Daya Perairan IPA / SMK
Perikanan
60 60 50
36 Ilmu Kelautan 60 60 50
37 Manajemen Sumber Daya Perairan 60 60 50
38 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 60 60 50
39 Agrobisnis Perikanan 60 60 50
40 Teknologi Hasil Perikanan 60 60 50
41 MIPA Biologi (Kelas Bahasa Indonesia) (*) IPA 70 70 70
42 Fisika (Kelas Bahasa Indonesia) (*) 70 70 70
43 Ilmu Komputer (Kelas Bahasa Indonesia) (*) 70 70 70
44 Kimia (Kelas Bahasa Indonesia) (*) 70 70 70
45 Matematika (Kelas Bahasa Indonesia) 70 70 70
46 Statistika (Kelas Bahasa Indonesia) 70 70 70
47 Teknologi Pertanian Ilmu dan Teknologi Pangan (Kelas Bahasa Indonesia) IPA 65 70 60
48 Ilmu dan Teknologi Pangan (Kelas Bahasa Indonesia)
● Minat: Bioteknologi Pangan & Agroindustri
65 70 60
49 Ilmu dan Teknologi Pangan (Kelas Bahasa Indonesia)
● Minat: Teknik Pengolahan Pangan
65 70 60
50 Ilmu dan Teknologi Pangan (Kelas Bahasa Inggris) (**) 65 70 60
51 Keteknikan Pertanian (TEP) (Kelas Bahasa Indonesia) 65 70 60
52 Keteknikan Pertanian (TEP) (Kelas Bahasa Indonesia)
● Minat: Teknik Bioproses
65 70 60
53 Teknologi Industri Pertanian 65 70 60
54 Teknologi Industri Pertanian
● Minat: Bisnis Pangan
65 70 60
55 Program Kedokteran Hewan Pendidikan Dokter Hewan (*) IPA 70 65 60

Keterangan:


Rata-rata = Rata-rata keseluruhan nilai kognitif mata pelajaran Kelas X Semester 2, Kelas XI semester 1 dan 2 serta Kelas XII semester 1
MPK = Mata Pelajaran Khusus Minimal (*) lihat TABEL-2
MPL = Mata Pelajaran Lainnya
(*) Mensyaratkan tidak buta warna (Khusus Fak. Kedokteran dilampiri Surat Keterangan Dokter bebas buta warna)
(**) Mensyaratkan Nilai Bahasa Inggris = 75
(***) Kelas khusus adalah kelas yang dipersiapkan untuk dapat bekerja di luar negeri


Tabel 2. Daftar Mata Pelajaran Khusus untuk masing-masing jurusan di SMA / MA

JURUSAN BAHASA

Kelas X Semester 2 , Kelas XI Semester 1 dan 2 Kelas XII Semester 1
1. PPKN 1. Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Bahasa Inggris
3. Sejarah Nasional dan Sejarah Umum 3. Bahasa Asing Lainnya
4. Bahasa Inggris 4. Sejarah Budaya

JURUSAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Kelas X Semester 2, Kelas XI Semester 1 dan 2 serta Kelas XII Semester 1
1. Matematika Fakultas Kedokteran minimal 60
2. Fisika - Fakultas Kedokteran minimal 60
3. Biologi - Fakultas Kedokteran minimal 70
4. Kimia - Fakultas Kedokteran minimal 70

JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Kelas X Semester 2 Kelas XI Semester 1 dan 2 Kelas XII Semester 1
1. Ekonomi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70 1. Ekonomi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70 1. Ekonomi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70
2. Geografi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70 2. Sosiologi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70 2. Sosiologi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70
3. Matematika - Untuk Fakultas Ekonomi minimal 75 3. Geografi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70 3. Sejarah - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70
4. Bahasa Inggris - Untuk Fakultas Ekonomi minimal 75 4. Bahasa Inggris - Untuk Fakultas Ekonomi minimal 75 4. Geografi - Untuk Fakultas Ekonomi Minimal 70

Senin, 08 Februari 2010

PMDK UPI 2010


Deskripsi Umum

  1. Yang dapat mendaftarkan diri adalah siswa SMA/MA/SMK kelas III yang memiliki peringkat 10 terbaik di kelasnya, atau siswa yang memiliki prestasi khusus dalam bidang olahraga untuk FPOK dan seni untuk pelamar program Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari yang ditunjukkan dalam bentuk piagam atau sertifikat yang dilegalisasi Kepala Sekolah.
  2. Setiap siswa hanya boleh mengajukan SATU PILIHAN program studi.
  3. Pendaftaran hanya dilakukan secara KOLEKTIF oleh Kepala Sekolah.
  4. Berkas pendaftaran dikirim melalui pos ke sekretariat Panitia PMDK UPI 2010.
  5. Biaya Pendaftaran adalah sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per peserta.
  6. Pendaftaran paling lambat tanggal 27 Pebruari 2010 (cap POS).
  7. Diwajibkan untuk mengikuti tes khusus bagi yang memilih program studi di FPBS (Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Musik), dan FPOK (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Ilmu Keolahragaan).
  8. Biaya tes khusus adalah Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per peserta.
  9. Biaya pendaftaran dan biaya tes khusus harus dibayarkan sekaligus melalui rekening BNI Cabang UPI Bandung dengan nomor rekening 22510314 atas nama UPI PT BHMN.
  10. Tes khusus akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Maret 2010, pukul 08.00 - selesai bertempat di:
    KAMPUS UPI (Gedung FPBS & Gedung FPOK)
    Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung.
    (untuk FPOK membawa pakaian olahraga dan untuk FPBS membawa instrumen yang diperlukan).
  11. Bagi peserta yang mendaftar pada program studi Internasional Program on Science Education (IPSE) FPMIPA diwajibkan mengikuti TES WAWANCARA yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Maret 2010 di FPMIPA UPI. Biaya Tes Wawancara sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) dibayar melalui rekening bersama dengan biaya pendaftaran.
  12. Daftar pelamar seleksi PMDK dapat dilihat pada websites http://pmb.upi.edu.
  13. Hasil seleksi PMDK akan diumumkan melalui websites http://pmb.upi.edu akhir bulan April 2010.

Syarat Umum

  1. Mengisi formulir Pendaftaran PMDK secara lengkap.
  2. Fotokopi raport semester 1,2,3,4, dan 5 yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.
  4. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  5. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter.
  6. Fotokopi bukti transfer pembayaran biaya pendaftaran dan tes khusus (bagi yang mengikuti).
  7. Fotokopi Sertifikat atau Piagam yang relevan yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah bagi yang memiliki.
  8. Surat Pernyataan dari Orang Tua/Wali.
  9. Memenuhi syarat khusus yang ditetapkan program studi yang dipilih.

SYARAT KHUSUS MASING-MASING FAKULTAS


a. FIP
  • Yang dapat mendaftar adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan, kecuali untuk Program Studi Psikologi adalah siswa kelas III SMA/MA jurusan IPA.
  • Bagi pendaftar Program Studi Psikologi harus menyertakan fotokopi hasil tes kepribadian/nilai kepribadian yang ada di raport
b. FPIPS
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Ilmu Pendidikan Agama Islam adalah siswa kelas III SMA dan MA jurusan IPA dan IPS.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK, berkepribadian dan penampilan menarik.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Manajemen Industri Katering dan Manajemen Resort & Leisure adalah siswa kelas III SMA/Sederajat dan SMK jurusan Tata Boga/Pariwisata, berkepribadian dan penampilan menarik, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan 160 cm untuk laki-laki.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI) adalah siswa kelas III SMA/MA/SMK/Sederajat, memiliki Kemampuan membaca dan menulis Arab (Al-Qur'an) dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
c. FPBS
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa FPBS adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan.
  • Siswa yang memilih Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris harus menyertakan fotokopi nilai TOEFL.
  • Siswa yang memilih Program Studi Seni Rupa harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
d. FPMIPA
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa FPMIPA adalah siswa kelas III SMA/MA jurusan IPA.
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Biologi dan Biologi dapat pula dari SMK Pertanian,
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Kimia dan Kimia dapat pula dari SMK Analis dan Farmasi.
    - Khusus untuk Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer dapat pula dari SMK Informatika, SMK Jurusan TKJ atau RPL.
  • Siswa yang memilih Program Studi Pendidikan Kimia, Kimia, Pendidikan Biologi, dan Biologi harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
e. FPTK
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, serta Teknik Perumahan adalah siswa kelas III SMK Bangunan dan SMA/MA IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dan Teknik Mesin adalah siswa kelas III SMK Teknik Mesin, Otomotif, Referigasi, serta Tata Udara, atau SMA/MA jurusan IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektro, Teknik Tenaga Elektrik, serta Teknik Elektro adalah siswa kelas III SMK Teknik Listrik dan Elektronika, atau SMA/MA jurusan IPA.
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, serta Pendidikan Tata Busana adalah siswa kelas III SMK bidang keahlian Pekerjaan Sosial dan Pariwisata, Kriya Tekstil atau SMA/MA jurusan IPA/IPS.
  • Setiap pelamar ke FPTK harus menyertakan surat keterangan TIDAK BUTA WARNA dari dokter.
f. FPOK
  • Yang dapat mendaftar menjadi calom mahasiswa FPOK adalah siswa kelas III SMA/MA/SMK semua jurusan, kecuali Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) harus SMA/MA jurusan IPA.
  • Setiap pendaftar harus menyertakan fotokopi prestasi olahraga dalam bentuk Piagam atau Sertifikat yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Pada waktu pelaksanaan tes khusus setiap pendaftar ke FPOK harus menyertakan foto Rongent. Bagi yang tidak membawa disediakan fasilitas pemotoan di lokasi.
g. FPEB
  • Yang dapat mendaftar menjadi calon mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Manajemen Perkantoran, Pendidikan Manajemen Bisnis, serta Manajemen adalah siswa kelas III SMA, MA dan SMK semua jurusan.

Program Studi Yang Ditawarkan


Fakultas

Kode

Program Studi

Jenjang

FIP

A015

Administrasi Pendidikan

S1

A025

Bimbingan dan Konseling

S1

A035

Pendidikan Luar Sekolah

S1

A045

Pendidikan Luar Biasa

S1

A055

Teknologi Pendidikan

S1

A505

Psikologi

S1

A085

Perpustakaan dan Informasi

S1

FPIPS

B015

Pendidikan Kewarganegaraan

S1

B025

Pendidikan Sejarah

S1

B035

Pendidikan Geografi

S1

B085

llmu Pendidikan Agama Islam

S1

B525

Manajemen Resort & Leisure

S1

B535

Manajemen Pemasaran Pariwisata

S1

B545

Manajemen Industri Katering

S1

B553

Survey Pemetaan dan Informasi Geografi

D3

B095

Pendidikan IPS

S1

B105

Pendidikan Sosiologi

S1

FPBS

C015

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

S1

C025

Pendidikan Bahasa Daerah

S1

C035

Pendidikan Bahasa Inggris

S1

C045

Pendidikan Bahasa Arab

S1

C055

Pendidikan Bahasa Jepang

S1

C065

Pendidikan Bahasa Jerman

S1

C075

Pendidikan Bahasa Perancis

S1

C085

Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan

S1

C095

Pendidikan Seni Tari

S1

C105

Pendidikan Seni Musik

S1

C505

Bahasa dan Sastra Inggris

S1

C515

Bahasa dan Sastra Indonesia

S1

FPMIPA

D015

Pendidikan Matematika

S1

D025

Pendidikan Fisika

S1

D035

Pendidikan Biologi

S1

D045

Pendidikan Kimia

S1

D055

Pendidikan Ilmu Komputer

S1

D505

Matematika

S1

D515

Fisika

S1

D525

Biologi

S1

D535

Kimia

S1

D545

Ilmu Komputer

S1

D405

International Program on Science of Education (IPSE)

S1

FPTK

E015

Pendidikan Teknik Arsitektur

S1

E025

Pendidikan Teknik Bangunan

S1

E035

Pendidikan Teknik Sipil

S1

E045

Pendidikan Teknik Elektro

S1

E055

Pendidikan Teknik Mesin

S1

E065

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

S1

E075

Pendidikan Tata Boga

S1

E085

Pendidikan Tata Busana

S1

E505

Teknik Tenaga Elektrik

S1

E513

Teknik Perumahan

D3

E523

Teknik Elektro

D3

E533

Teknik Mesin

D3

E543

Teknik Sipil

D3

E095

Pendidikan Teknologi Agro Industr

S1

E545

Teknik Sipil

S1

FPOK

F015

Pendidikan Kepelatihan Olahraga

S1

F025

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

S1

F505

Ilmu Keolahragaan

S1

FPEB

L015

Pendidikan Akuntansi

S1

L025

Pendidikan Manajemen Bisnis

S1

L035

Pendidikan Manajemen Perkantoran

S1

L045

Pendidikan Ekonomi dan Koperasi

S1

L505

Manajemen

S1

L515

Akuntansi

S1

Registrasi

Calon peserta ujian yang dinyatakan lulus PMDK diwajibkan untuk melakukan registrasi adminstrasi dan registrasi akademik di Direktorat Akademik UPI dengan menyerahkan persyaratan dan membayar biaya seperti yang tercantum dalam file Biaya Pendidikan.doc Persyaratan yang harus dilengkapi pada saat registrasi:
  1. Membawa surat panggilan.
  2. Memperlihatkan Ijazah asli/Keterangan Lulus dari kepala sekolah dan menyerahkan 1(satu) lembar foto copy/salinan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.
  3. Memperlihatkan Nilai Ujian Nasional (asli) dan menyerahkan 1(satu) lembar foto copy/salinan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.
  4. Apabila peserta PMDK-UPI ternyata tidak lulus Ujian Nasional maka otomatis yang bersangkutan gugur menjadi calon mahasiswa UPI.
  5. Menyerahkan 2(dua) lembar pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm, dibelakangnya supaya diberi nama/identitas diri dimasukkan kedalam amplop.
  6. Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Sekolah yang bersangkutan.
  7. Mengisi dan menyerahkan pernyataan di atas materai Rp 6.000,- (format disediakan) yang berisi : - Bebas Narkoba; - Akan menaati segala peraturan dan tata tertib yang ditetapkan UPI.
  8. Menyerahkan bukti stor asli dari Bank untuk pembayaran uang SPP, praktikum, registrasi, kemahasiswaan, BPMA dan DPF yang besarnya untuk masing-masing program studi dapat dilihat pada tabel 2.
  9. Jumlah uang yang harus dibayar oleh peserta yang lulus PMDK-UPI pada saat registrasi sesuai dengan program studi pada tabel 2 di atas dapat disetor ke BNI di mana pun dengan menyebutkan nama dan menunjukkan surat panggilan.

Sekretariat

Direktorat Akademik
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
Telp. (022) 2013753, Fax. (022) 2013753
Situs web. http://pmb.upi.edu